Kuah Pliek Mujair,Kates dan Daun melinjo(Kuah khas Aceh)

Kuah Pliek Mujair,Kates dan Daun melinjo(Kuah khas Aceh). Kuah pliek selalu menjadi masakan kegemaran orang aceh,kuah pliek bisa DI buat dengan berbagai variasi Manis dengan perpaduan rasa buah kelapa yang renyah,semua berbaur menjadi satu rasa yang greget dan pecah DI mulut. SAYUR : daun ubi Bunga kates Kangkung Labu siam Terong Daun melinjo Buah melinjo Buah kates ( yg masi muda) Daun jeruk perut Rebong kala Kacang panjang. Kuah Pliek U ikan Mujair. "Salah satu kuliner khas aceh yang wajib kalian cicipi.. .

Kuah Pliek Mujair,Kates dan Daun melinjo(Kuah khas Aceh) Kuah Pliek adalah makanan tradisional sejenis masakan bersantan yang khas dari daerah Aceh. Konon Kuah Pliek U sudah menjadi makanan favorit masyarakat Aceh sejak jaman dahulu. Kuah Pliek ini terbuat dari bahan utama seperti buah nangka muda, papaya muda, daun melinjo, kacang.

Bahan bahan yang diperlukan Kuah Pliek Mujair,Kates dan Daun melinjo(Kuah khas Aceh)

  1. It's 4 ekor of ikan mujair(boleh lebih).
  2. of Bumbu halus:.
  3. 1 ons of pliek.
  4. 2 biji of cabe merah.
  5. It's 15 biji of cabe rawit.
  6. 5 butir of bawang merah.
  7. 2 butir of bawang putih.
  8. 1 ruas of jahe.
  9. 1 sdm of garam.
  10. 1/4 sdt of lada bubuk.
  11. It's 1 sdt of ketumbar.
  12. It's 3 biji of asam sunti.
  13. It's secukupnya of Kunyit bubuk.
  14. 1000 ml of santan sedang.
  15. of Bahan sayur:.
  16. 1/4 buah of kates muda.
  17. It's 25 lbr of daun melinjo muda.
  18. of Bahan cemplung:.
  19. It's 6 lbr of daun jeruk.
  20. 2 btg of sereh geprek.
  21. It's 1 tangkai of daun kari.
  22. 6 biji of cabe hijau belah 2.

Kuah Pliek U adalah makanan tradisional sejenis masakan bersantan yang khas dari daerah Aceh. Tambahkan tomat, daun melinjo, cabai rawit, cabai merah, dan kecap manis. Kuwah pliek u adalah salah satu masakan seperti gulai berasal dari Aceh. Masakan ini memiliki bahan dasar ampas dari sisa minyak kelapa tua yang telah melalui proses pemerasan minyaknya.

Cara memasak Kuah Pliek Mujair,Kates dan Daun melinjo(Kuah khas Aceh)

  1. Bersihkan ikan lumuri dengan air jeruk nipis dan garam,potong2 kates dan daun melinjo.
  2. Rendam pliek u dengan sedikit air,blender smp halus lalu saring,blender jg semua bumbu..
  3. Campurkan sayuran,pliek u dan bumbu lalu tambahkan santan,bahan cemplung..aduk2,klw sudah setengah matang sayur baru masukkan ikan,koreksi rasa...

Pada umumnya, masakan ini dilengkapkan dengan daun dan buah melinjo, kacang panjang. Nama Kuah Pliek U berasal dari bahan dasarnya, yang tak lain adalah pliek u. Sejumlah masyarakat Aceh juga mengenalnya dengan nama Patarana. Itulah tadi sekilas mengenai keiistimewaan dan hal unik di balik masakan berkuah khas Aceh, Kuah Pliek U. Bagi yang kebetulan berkunjung ke negeri.

Posting Komentar

0 Komentar