Ayam ungkep bumbu kelapa

Ayam ungkep bumbu kelapa. Menurut catatan sejarah sendiri, ayam ungkep bumbu kuning sebenarnya sudah ada sejak jaman dahulu. Awalnya kuliner satu ini disajikan untuk ritual adat oleh beberapa suku di Indonesia, terutama Jawa dan Betawi. Namun seiring dengan perkembangannya, ayam ungkep mulai dikonsumsi secara.

Ayam ungkep bumbu kelapa Tertarik dengan resep ungkep praktis lainnya? Ayam kampung kesukaan Mamah diungkep pakai air kelapa. Mamah saya suka takjub lihat anaknya bisa masak rupa-rupa.

Bahan bahan yang disiapkan Ayam ungkep bumbu kelapa

  1. You need 1 kg of ayam pejantan.
  2. You need 1/2 butir of kelapa, parut.
  3. Prepare 1/2 papan of tempe, potong-potong.
  4. Prepare of Bumbu halus:.
  5. It's 7 siung of bawang merah.
  6. Prepare 5 siung of bawang putih.
  7. Prepare 1 buah of cabe merah.
  8. It's 2 cm of jahe.
  9. It's 3 cm of kunyit.
  10. It's 3 cm of lengkuas.
  11. You need 5 butir of kemiri.
  12. You need 1/2 sdm of ketumbar sangrai.
  13. It's 1/2 sdt of jinten.
  14. Prepare of Bumbu lainnya:.
  15. It's 2 batang of serai, geprek.
  16. Prepare 5 lembar of daun salam.
  17. It's 3 lembar of daun jeruk.
  18. Prepare 2 sdm of gula merah sisir.
  19. You need 4 sdm of air asam jawa yg dilarutkan.
  20. Prepare secukupnya of Air.
  21. It's 1/2 sdm of garam.
  22. Prepare 1/2 sdm of penyedap rasa sapi.
  23. Prepare 1/2 sdm of merica bubuk.

Siapa tak suka ayam goreng yang bumbunya meresap sampai ke dalam daging? Ternyata, rahasia kenikmatannya karena proses mengungkep ayam, lho. Teknik ungkep ini adalah teknik memasak dengan api kecil hingga sedang supaya bumbu-bumbu meresap dengan sempurna. Salah satunya seperti ayam ungkep dengan bumbu daun jeruk yang akan Kita coba ini.

Cara memasak Ayam ungkep bumbu kelapa

  1. Blender bumbu halus, buat larutan asam jawa dgn air panas, cuci ayam sampai bersih..
  2. Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak goreng, beserta bumbu lainnya: serai, daun salam, daun jeruk..
  3. Masukkan ayam, aduk rata. Tambah air sedikit. Lalu tambahkan gula merah sisir, garam, merica, penyedap rasa sapi. Masak dgn api agak kecil agar ga cepat surut airnya. Lalu masukkan tempenya. Setelah itu tambahkan kelapa parut..
  4. Aduk ayam sesekali saja ya Bun, sampai kelapanya tercampur rata. hati2 biar ngga hancur (seperti yg saya bikin ini..hehe) Lalu masukkan air asam jawa..
  5. Klo udah saat airnya, ayam dan tempe sudah matang. Ayam ungkep bisa disajikan dengan sambal kencur dan lalapan labu Siem rebus. Tapi... Kali ini saya bakar lg di teflon ayam dan tempenya karena pingin ajah..😅 selamat mencoba....

Ayam ungkep yang populer bisa dibuat sendiri di rumah dengan resep praktis. Tuangkan air kelapa, kemudian aduk rata dan masak sampai ayam matang dan kuah menyusut serta bumbu meresap. Resep ayam bumbu rujak - Ayam adalah salah satu menu favorit semua orang, dan sekarang sudah ada berbagai macam masakan variasi dari ayam. Bahan-bahan memasak: Bahan bumbu halus Bahan bumbu ungkep: Cara memasak ayam goreng bumbu rujak Cara Membuat Ayam Bumbu Rujak Jawa Timur: Haluskan bumbu rujak sesuai yang tertera, mulai dari cabai keriting, cabai rawit, terasi udang, kemiri, asam, dan garam. Iris tipis bawang putih, bawang merah, dan cabai merah keriting.

Posting Komentar

0 Komentar