Opor sayur nangka

Opor sayur nangka. sayur nangka bumbu bali, sayur nangka bumbu opor, sayur nangka bikin kembung, sayur nangka bagi penderita asam lambung, sayur nangka bumbu ketumbar, sayur nangka bumbu merah, sayur. RESEP SAYUR LODEH NANGKA MUDA ALA JAWA TIMUR AN Resep cara membuat sayur gudeg nangka muda tetelan bumbu kuning tanpa santan jawa timur. resep cara memasak olahan gulai nangka santan sederhana.

Opor sayur nangka Sayur nangka sering diolah menjadi gulai, opor, atau gudeg. Nangka merupakan buah yang banyak disukai dan digemari oleh masyarakat lho. Apabila sudah matang, angkat sayur kuah nangka dan tuangkan ke dalam wadah yang sudah disediakan.

Bahan bahan yang disiapkan Opor sayur nangka

  1. It's 1/2 kg of nangka mentah.
  2. You need 5 siung of bawang merah.
  3. Prepare 5 siung of bawang putih.
  4. It's 5 butir of kemiri.
  5. It's 1 ruas of jahe.
  6. Prepare 2 ruas of kunyit.
  7. It's Sedikit of pala.
  8. Prepare 5 helai of daun bawang.
  9. You need 2 sendok teh of garam(menyesuaikan.
  10. Prepare of Bumbu kaldu (menyesuaikan).
  11. It's 3 sendok teh of Gula pasir/ gula merah.
  12. It's 130 ml of santan kara (2 bungkus kara).
  13. It's 300 ml of Air.

Sayur nangka merupakan resep masakan yang sudah tidak asing lagi untuk masyarakat Indonesia. Ya hal tersebut disebabkan karena sayur yang satu ini merupakan sayur Tradisonal atau sayur khas. Sayur nangka ini berbumbu gulai, bersantan encer, dan memadukan berbagai sayuran seperti nangka muda, kol, kacang panjang, dan rebung. Jadi sayur nangka pedas di sajikan dengan semacam opor putih ayam, telur dan tahu.yang jika di Jadi sayur nangka muda ini aku sebut Sayur Nangka Pedas aja dech.atau Kelan / Jangan Gori.

Cara memasak Opor sayur nangka

  1. Rebus nangka yg sudah di potong2 sampai benar2 empuk/lunak,jika sudah lunak kita tiriskan lalu kita remas2,cuci tiriskan..
  2. Ulek semua bumbu sampai halus,lalu tumis,sampai harum.kemudian masukan santan kara dan tambahan air,gula,bumbu kaldu.koreksi rasa.Aduk rata tunggu mendidih.Setelah mendidih masukan nangkanya tungguh sampai mendidih juga,setelah itu masukan irisan daun bawang,cek rasa.setelah pass angkat dan sajikan.🙏.
  3. Selesai,dan ini hasilnya bener bener serasa opor daging,Mlekenyem banget say,jangan lupa bikin sambal terasi juga say biar makin #SYEDEPP 😃🙏Silakan mencoba.

Sayur nangka gurih, disajikan dengan sambal terasi dan lauk jadi lebih komplet. Untuk mendapatkan sayur nangka yang tidak benyek, pilihlah nangka merah yang lebih kesat daripada nangka putih. Itulah resep sayur lodeh tewel alias lodeh nangka muda yang enak. Ya, sayur ini memang kelihatannya sederhana, tetapi keunikan citarasanya memang membuat resep masakan berkuah kental ini begitu banyak disukai oleh masyarakat kita, terutama buat teman teman. Masyarakat indonesia mengolah berbagai macam sayur-sayuran segar yang didapat dari hasil alam menjadi berbagai sayur mayur yang lezat untuk disantap.

Posting Komentar

0 Komentar