Pepes ikan Mas

Pepes ikan Mas. Cara Membuat Pepes Ikan Mas: Pertama, kita campurkan terlebih dahulu bumbu halus bersama dengan bumbu iris. Sisihkan terlbeih dahulu masalah bumbu, sekarang kita akan siapkan daun pisangnya. Silahkan lap terlebih dahulu daun pisang yang akan digunakan hingga bersih dan sobek daun pisang dengan ukuran secukupnya.

Pepes ikan Mas Pake panci presto jd cepet dan lebih hemat gas. Mama Sashi bisa memasak Pepes Ikan Mas khas Jawa Barat belajar dari pengalamannya dahulu saat sering membantu, Juru masak di setiap Acara Pesta Hajatan dikampung kampung dan sampai hari ini pun. Pepes yang terbuat dari bahan dasar ikan ini dinamakan dengan masakan Pepes Ikan.

Bahan bahan yang diperlukan Pepes ikan Mas

  1. 5 ekor of ikan mas (ukuran kecil yaa).
  2. of kemangi (saya skip karena lupa beli dipasar, huhuhuuu).
  3. It's 5 buah of belimbing sayur (saya skip).
  4. 1 buah of tomat (iris).
  5. It's of daun jeruk (makin banyak makin enak, wangi).
  6. of Bumbu yang di haluskan.
  7. It's 20 siung of bawang merah.
  8. 10 siung of bawang putih.
  9. 8 butir of kemiri.
  10. It's 2 buah of tomat.
  11. 30 of cabai rawit merah.
  12. 10 of cabai merah keriting.
  13. It's seruas of kunyit.
  14. It's seruas of jahe.

Ikan yang digunakan untuk membuat Pepes Ikan ada beberapa jenis yang dapat menggunakan seperti Ikan patin, Ikan kembung, Ikan mas, Ikan nila, dan jenis Ikan lainnya, diutamakan yang memiliki tekstur daging Ikan yang cenderung kering setelah dimasak, tidak lembek seperti gurameh, jadi hindari Ikan yang berterkstur. Lihat juga resep Pepes Ikan Mas enak lainnya! This technique is most commonly used to prepare fish. In West Java, ikan mas (Cyprinus carpio) is the most popular fish to be cooked as pepes.

Cara memasak Pepes ikan Mas

  1. Cuci bersih ikan, beri perasan jeruk nipis.
  2. Siapkan bumbu halus.
  3. Haluskan bumbu, masukan ke dalam wadah/wajan. masukan irisan tomat dan daun jeruk. aduk rata.(kalo ada kemangi + belimbing sayur, di masukan disini ya moms, biar makin wangi) masukan ikan, garam, gula, dan penyedap. diamkan selama 15-20 menit..
  4. Siapkan daun pisang, beri bumbu, letakan ikan, kemudian tutup lagi dengan bumbu. Bungkus, sematkan lidi di kedua sisinya. lakukan hingga ikan habis. kukus ikan hingga matang..
  5. Angkat ikan, kemudian bakar sebentar. ikan siap di nikmati..

In Palembang, patin (Pangasius sutchi) and lais (Kryptopterus cryptopterus) are the most common fish to be used, while in West Sumatra, people use bilih fish (Mystacoleucus padangensis). However, fish is not the only ingredient to be made for pepes. Resep Pepes Ikan Enak dan Mudah. Sebelum mulai, resep ini bisa untuk beragam ikan. Contohnya seperti ikan nila, mas, kembung, patin, teri, lele dan masih banyak lagi.

Posting Komentar

0 Komentar