Semur jengkol pluto

Semur jengkol pluto. Saat pemasakan, bisa dipastikan jengkol membuat kehebohan tersendiri. Konsumsi jengkol berlebihan menyebabkan asam jengkolat yang memang sulit larut dalam air mengendap dalam ginjal. Pilih jengkol yang cukup tua, lalu rendam jengkol dalam air kapur sirih semalaman.

Semur jengkol pluto Simpan ke bagian favorit Tersimpan di bagian favorit. Semur Jengkol Pedas, terbayang nikmatnya bersanding dengan. Semur is an Indonesian type of meat stew (mainly beef), that is braised in thick brown gravy commonly found in Indonesian cuisine.

Bahan bahan yang disiapkan Semur jengkol pluto

  1. 6 buah of Jengkol,.
  2. 4 buah of bawang merah.
  3. 3 buah of bawang putih.
  4. 1 sendok makan of merica.
  5. It's 1 sendok makan of ketumbar.
  6. It's 1/2 buah of pala.
  7. 3 buah of cengkeh.
  8. It's 5 cm of kayu manis.
  9. 1,5 buah of kemiri.
  10. 1 cm of lengkuas.
  11. 1 batang of sereh.
  12. It's 6 lembar of daun salam.
  13. 1 sendok teh of Garam.
  14. It's 1/2 sendok teh of sasa.
  15. It's 1/2 sendok teh of penyedap rasa (Sasa pake Royco rasa ayam).
  16. of Kecap 1 sendok makan (sesuai selera).
  17. of Minyak goreng untuk menumis.
  18. of Air 1 gelas (250 ml).

The main ingredient used in semur gravy is sweet soy sauce, shallots, onions, garlic, ginger, candlenut, nutmeg and cloves, sometimes pepper, coriander. Semur jengkol adalah makanan khas Betawi,Jakarta. Semur jengkol ini adalah makanan yang benar benar popular di kawasan kota Jakarta sehingga telah menyebar ke wilayah Indonesia. Semur jengkol ini sedap bersanding dengan masakan di bawah ini: Sambal Goreng Hati Ayam Ungkep Bumbu Kuning Tumis Tempe Gembus, Leunca, Teri dan Daun Melinjo. semur jengkol.

Cara memasak Semur jengkol pluto

  1. Rendam jengkol semalaman. Kemudian paginya rebus jengkol dengan 4 lembar daun salam selama 2 jam, ganti air 2 atau 3 kali ketika merebus supaya lunak, jd lembut gt nantinya. Kalo sudah lunak, bersihkan dan potong 2 ya.....
  2. Haluskan lada, ketumbar, pala, cengkeh, kemiri, garam. Kemudian tumis, masukkan lengkuas, sereh yang sudah di memarkan, daun salam, jengkol, garam, Sasa, kecap, penyedap rasa, air. Aduk hingga merata.cicipi.....
  3. Kalau msh kurang rasa, bisa tambahkan kembali bumbu sesuai selera, ati2 di garam dan kecap y, kalo kebanyakan bs malah runyam.......happy cooking and eating 😋.

Kadang, merebusnya dengan daun jambu biji Habis makan jengkol, bisa menetralisir bau dengan makan timun, hehehe silakan pilih, mau pilih tips antibau yang. Suara.com - Semur Jengkol memiliki penggemar yang tidak sedikit. Moms bisa coba resep Semur Jengkol dari @susi.agung untuk membuat olahan jengkol yang lembut dan meresap untuk lauk. Rendam jengkol dengan air bersih selama semalaman, buang airnya. Rendam air sekali lagi Rebus jengkol sampai matang, angkat dan tiriskan.

Posting Komentar

0 Komentar