Ayam bakar cincane

Ayam bakar cincane. Ayam bakar khas Samarinda kalimantan Timur dengan bumbu berwarna kemerahan ini semakin memperkaya variasi masakan kuliner tradisional nusantara. Resep Ayam Cincane - Ayam bakar khas Samarinda kalimantan Timur dengan bumbu berwarna kemerahan ini semakin memperkaya variasi masakan kuliner tradisional nusantara. Cara membuat Resep ayam bakar bumbu cincane pastinya cukup simpel untuk dibuat dan disajikan.

Ayam bakar cincane Ayam bakar satu ini sempat naik daun di Indonesia. Ayam cincane adalah masakan khas Kalimantan Timur. Hidangan ini sering dijumpai pada acara-acara besar, seperti pesta pernikahan dan acara penyambutan tamu-tamu kehormatan.

Bahan bahan yang diperlukan Ayam bakar cincane

  1. You need 1 kg of ayam kampung.
  2. You need 500 ml of santan.
  3. Prepare 1/2 ruas of jahe memarkan.
  4. You need of Lengkuas memarkan.
  5. It's 3 lbr of daun salam.
  6. You need 4 lbr of daun jeruk.
  7. It's 1 btg of sereh.
  8. You need of Perasan air jeruk nipis/lime.
  9. It's of Bumbu halus :.
  10. You need 12 siung of bawang merah.
  11. It's 6 siung of bawang putih.
  12. You need 12 of cabe merah keriting.
  13. It's 1/2 ruas of kunyit.
  14. You need 3 btr of kemiri.
  15. You need 1 sdt of ketumbar.
  16. You need of Garam,gula,dan penyedap.

Selain itu, masakan ini juga dapat dijumpai di beberapa kedai ataupun rumah makan. Bakar daging ayam yang terlebih dulu sudah dioles-olesi oleh bumbu olesannya. Setelah agak kering, lumuri lagi dengan merata menggunakan bumbu oles dan bakar lagi daging ayam sampai matang. Ada juga Ayam Cincane yang berasal dari Kalimantan Timur.

Cara memasak Ayam bakar cincane

  1. Cuci bersih ayam,potong menjadi beberapa bagian.
  2. Tumis bumbu halus masukan air santan,jahe,lengkuas,daun salam,daun jeruk,sereh,hingga sedikit mendidih masukkan ayam,tambahkan air perasan jeruk ungkep hingga bumbu meresap.
  3. Setelah meresap bumbunya,bakar ayam hingga warna kecoklatan.

Banyak juga ya ragam ayam bakar yang terdapat di Nusantara. Bisa menjadi referensi untuk dicoba kala berkunjung ke daerahnya. Ayam cincane, satu hidangan kebanggaan warga Kalimantan Timur patut dicoba semua penggemar masakan Indonesia. Bumbu gurih pedas yang khas berpadu dengan potongan ayam yang kemudian. Biasanya ayam bakar disajikan dengan pelengkap lalapan sayur mentah seperti kol, mentimun, kemangi tomat.

Posting Komentar

0 Komentar