Sate Kere khas SOLO #vegetarian satay

Sate Kere khas SOLO #vegetarian satay. Sate Kere Barokah. kalau ga salah daerahnya namanya Nayu, deket Dlilir, deket Universitas Slamet Riyadi atau Unisri. Yang tau silakan comment 😊 makasih 😊. Sate kere merupakan makanan tradisional khas solo yang menggunakan tempe gembus sebagai bahan utamannya kemudian dipadukan dengan bumbu kacang yang dilengkap dengan potongan bawang merah mentah dan potongan cabai rawit hijau pas banget disajikan dengan lontong.

Sate Kere khas SOLO #vegetarian satay Aneka kuliner khas Solo disajikan di warung yang satu ini. Lokasi Warung pecel Solo ada di Jalan Dr. Sate kere merupakan salah satu makanan khas Solo, hasil kreativitas masyarakat biasa pada zaman dahulu.

Bahan bahan yang disiapkan Sate Kere khas SOLO #vegetarian satay

  1. It's of Bahan utama :.
  2. It's 1 papan of tempe / 6 buah tempe daun (saya menggunakan tempe daun).
  3. It's of Bumbu halus :.
  4. Prepare 8 siung of bawang merah.
  5. You need 3 of siug bawang putih.
  6. Prepare 2 sdm of ketumbar.
  7. Prepare 1 sdm of merica/lada bubuk.
  8. You need 1 ons of gula jawa.
  9. Prepare 2 sdm of gula pasir.
  10. You need Secukupnya of garam.
  11. It's 2 sdm of kecap manis.
  12. Prepare Secukupnya of kaldu ayam.
  13. You need 2 sdm of maizena (larutkan dengan 100ml air).

Kini, sate kere menjadi kuliner yang Nama sate kere tergolong unik untuk sebuah makanan. Dulunya, sate adalah makanan mewah yang hanya bisa dinikmati oleh masyarakat golongan atas. Ada sate khas kota Solo yang legendaris banget, bahannya dari tempe gembus. Karena harganya yang murmer, namanya Sate Kere.

Cara memasak Sate Kere khas SOLO #vegetarian satay

  1. Pertama, potong dadu tempe. Lalu goreng hingga sedikit kecoklatan. Sisihkan..
  2. Haluskan semua bahan untuk bumbu bakar kecuali kecap dan maizena..
  3. Siapkan wajan atau panci. Rebus bumbu bakar yang sudah dihaluskan dengan 100ml air. Jika sudah mendidih, masukkan larutan maizena dan kecap manis. Aduk hingga rata. Biarkan hingga mendidih lagi..
  4. Jika sudah mendidih lagi, tes rasa. Jika sudah pas, boleh langsung matikan api. Lalu langsung digunakan untuk mengoles tempe..
  5. Tusuk tempe menggunakan tusukan sate. Bisa diselang-seling dengan tomat, ketimun, atau bawang merah. Lali, masukkan tusukan sate tersebut ke dalam bumbu bakar yang telah dimasak tadi..
  6. Siapkan bara. Lalu, bakar sate. Panggang hingga matang..
  7. Jika sudah matang, angkat. Sajikan bersama lalapan timun, bawang merah, cabai dan potongan kubis..
  8. Siap disantappp🤗🤗🤗.

Akan tetapi rasanya tak kalah dengan yang dari daging. Kuliner unik khas Solo ini lahir karena mahalnya harga sate daging bagi kalangan menengah ke bawah di zaman dulu. Hanya kalangan menengah atas yang bisa membelinya. Karenanya, munculah ide membuat sate dengan bahan dasar jeroan sapi. There aren't enough food, service, value or atmosphere ratings for Sate Kere Yu Rebi, Indonesia yet.

Posting Komentar

0 Komentar