Nasi kuning Bjn (nasi uduk kuning)

Nasi kuning Bjn (nasi uduk kuning). Hari ini kita buat masakan nasi dengan bumbu nasi kuning spesial yuk. Cara membuat nasi kuning ini praktis, mudah dan sederhana kok. Nasi Kuning - Resep Nasi Kuning (Cara Membuat Nasi Kuning) Nasi kuning adalah salah satu resep terkenal di Indonesia.

Nasi kuning Bjn (nasi uduk kuning) Yang paling biasa adalah dengan membentuknya dengan bentuk cone atau biasa disebut dengan tumpeng. Untuk membentuknya menjadi cone, Anda bisa menggunakan cetakan tumpeng atau membuatnya sendiri. Nasi kuning identik muncul saat ada acara seperti ulang tahun, acara pernikahan, peresmian, upacara pembukaan.

Bahan bahan yang diperlukan Nasi kuning Bjn (nasi uduk kuning)

  1. It's 375 gram of beras.
  2. Prepare 1 of sct santan kara (larutkan dalam air).
  3. It's 700 ml of air (boleh 600ml air + 100ml kaldu ayam biar makin gurih).
  4. It's iris of Bumbu.
  5. Prepare 2 lembar of daun salam.
  6. Prepare 4 lembar of daun jeruk.
  7. It's 2 batang of sereh (geprek).
  8. It's 2 ruas of lengkuas.
  9. You need 2 ruas of jahe.
  10. It's secukupnya of Garam.
  11. You need 2 ruas of kunyit /sesuka selera warna (haluskan).

Untuk penyajiannya nasi kuning kerap dibentuk jadi kerucut, menggunakan cetakan tumpeng. Namun bisa juga disajikan biasa seperti menu makanan yang lain. Tradisi nasi kuning sudah ada sejak jaman nenek moyang. Setiap daerah mempunyai resep nasi kuning sendiri.

Cara memasak Nasi kuning Bjn (nasi uduk kuning)

  1. Cuci beras sampai bersih, masukkan dalam panci, masukkan air yg sudah dicampur santan kara, masukkan semua bahan/bumbu iris, garam secukupnya dan kunyit yg sudah dihaluskan, aduk hingga rata. Cek rasa (kalau dirasa kurang asin atau kurang gurih bisa ditambahkan garam lagi).
  2. Nyalakan Api, masak dengan api sedang sampai mendidih, kemudian aduk sesekali (jangan terlalu sering diaduk biar nasu tidak terlalu matang/lemes) masak hingga air surut dan rasa nasi setengah matang (atau masih agak keras), kemudian matikan api dan aduk sekali..
  3. Siapkan dandang kukusan panaskan dandang sampe air dandang mendidih kemudian masukkan nasi kedalam dandang (jangan lupa kasih sarangan nya buat ngukus ya😁). Masak/kukus ±25 menit, kemudian matikan api dan nasi siap dihidangkan bersama lauk kesukaan masing² 🥰🤗.

Namun pada masa kini pembuatan nasi kuning lebih banyak dengan menggunakan rice cooker. Sehingga hasilnya tidak sama lezat jika dibandingkan dengan cara tradisional yakni. Resep Nasi Kuning - Nafsu makan yang tidak terkontrol adalah persoalan yang harus diatasi agar keperluan nutrisi tubuh terpenuhi. Variasi menu makanan bisa menjadi solusinya. Menu nasi kuning yang menarik mampu meningkatkan nafsu makan yang menurun, terutama pada anak-anak.

Posting Komentar

0 Komentar